Senin, 23 Mei 2016

Jadwal Makan Untuk Bayi Umur 6 Bulan Yang Baik untuk Tumbuh Kembang yang Sehat

Umur 6 bulan, biasanya seorang bayi sudah mulai akan mengambil barang-barang untuk kemudian dimasukkan mulutnya. Hal ini berarti bayi tersebut sudah bisa diberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI).

Selain perilaku tersebut, bayi juga akan menunjukan semacam “sinyal” pada kita jika mereka memang telah siap mendapat MPASI. Pertama, bayi sudah mampu menegakkan kepalanya dengan baik dan stabil tentunya. Bayi juga mulai tidak mendorog atau menjulurkan lidahnya . Selain itu, bayi yang telah siap mendapat MPASI tentu juga sudah bisa duduk tegak meski kadang masih butuh bantuan sandaran. Hal lain ialah sang bayi akan masih terlihat lapar meski sudah minum ASI cukup banyak.

Makanan bayi dan jadwal makan untuk bayi umur 6 bulan tentu berbeda ketika bayi telah berumuar 1 tahun atau lebih. Di umur ini, bayi belum tumbuh gigi sehingga pilihan makanan juga harus tepat. Lebih dari itu lambung bayi saat itu juga masih sangat kecil maka jumlah makanan yang boleh diberkan pun cukup sedikit saja. Makan dari itu sebelum menuju jadwal makan untuk bayi umur 6 bulan tentu kita juga harus paham jenis makanan yang memang bisa dan dibolehkan dimakan oleh bayi.

1. Biasanya tiap kali pemberian makan untuk bayi umur 6 bulang hanya 2 sampai 3 sendok makan saja. Baru kemudian bisa ditambah sesuai perkembangan sang bayi
2. Tepung beras merupakan MPASI terbaik. Selain memang bergizi dan mengenyangkan, bahan tersebut juga jarang sekali menimbulkan alergi pada bayi.
3. Lumatkan benar-benar sayur dan buah sebelum diberikan sebagai makan untuk bayi umur 6bulan. Kenalkan sayur dulu sebelum buah.
4. Utamakan memberi MPASi tanpa garam atau gula karena untuk bayi umur 6bulan ginjalnya juga belum berfungsi dengan sempurna.
5. Madu juga sebaiknya dihindari pad tahun pertama bayi,sebaba beberapa kasus bisa mengakibatkan botulinnum (gangguan cerna) pada bayi.
6. Untuk mendapat rasa, penggunaan kaldu alami yang dibuat sendiri merupakan pilihat terbaik
7. Hindari pula terlalu banyaknya campuran MPASI. Dalam rentang 2-4hari, satu jenis makanan saja sudah cukup.

Kemudian untuk jadwal makan untuk bayi umur 6 bulan bisa dijabarkan seperti berikut;
• Berikan makanan 2-4kali sehari, kira-kira pukul 9-11 dipagi hari dan pukul 3-5 disore hari.
• Ingat, semua jenis makanna baik buah, sayur maupun bubur harus benar-benar lumat dan halus. Seligan buah dan sayur boleh diberikan 1-2kali/hari diisang atau sore harinya.
• Sedang malam hari, cukup berikan ASI saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar