Rabu, 18 Mei 2016

Cara Memberikan Asi Yang Tepat Dan Benar Agar Ibu Dan Bayi Sama-Sama Nyaman

Bagi ibu, memberikan ASI secara langsung pada bayi mereka pasti sangat diinginkan. ASI sendiri merupakan zat atau makanan pertama untuk para bayi yang dihasilkan oleh kelenjar payudara ibu. ASI esklusif akan sangat bagus untuk tumbuh kembang sang bayi. Dengan pemberian ASI ekslusif juga bisa lebih mempererat tali kasih antara sang ibu dan si bayi.

Banyak sekali mnfaat ASI, terutama kandungan kolostrumnya yang bisa menjadi zat kekebalan bagi bayii untuk terhindar dari banyak penyakit terutama diare. ASI sebagai makanan pertama bayi juga sangat mudah dicerna dan turut membantu proses eksresi pertama sang bayi sehingga lancar. Zat-zat gizi ASI pun telah dipercaya sejak lama sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan serta kecerdasan anak nantinya.

ASI memang sangat penting, tapi hal itu tidak sejalan dengan pengetahuan para ibu sendiri mengenai cara memberikan ASI yang tepat. Bukan hanya iba saja, para Ayah juga sebaiknya paham tentang cara memberikan ASI yang tepat dan benar agar si bayi betul-betul mendapat ASI ekslusif terbaik dari Ibu.

Semoga dengan beberapa penjelasan tentang cara memberikan ASI yang tepat berikut bisa membantu para Ibu yang masih bingung bagaimana cara memberikan ASI yang tepat atau bagi para calon Ibu untuk bisa jadi referensi belajar.

1. Pada awal pertama menyusui mintalah bantuan pada bidan atau perawat terlebih dahulu karena pasti tubuh masih sangat lelah pasca melahirkan.
2. Perhatikan kebersihan tangan tiap ingin menyusui.
3. Lalu, ambil posisi duduk atau berbaring dan usahakan tubuh dalam keadaan santai.
4. Sebelum menempelkan mulut bayi ada payudara ibu, perahlah sedikit ASI untuk dioleskan pada area puting sehingga bayi terbiasa dengan bau ASI dan juga untuk menjaga kelembaban puting ibu.
5. Gendong atau letakkan bayi sehingga perutnya menempel dengan perut ibu, telinga lurus dengan lengan dan dagu bayi menempel di payudara ibu.
6. Sentuhkan mulut bayi pada puting ibu dan ketika mulut sang bayi sudah membuka segeralah masukkan puting dalam mulut bayi.
7. Saat bayi sudah mulai menghisap, ibu tak perlu lagi memegang payudaranya.
8. Usahakan beri ASI hingga paruyadara terasa kosong.
9. Ketika dirasa cukup, gunakan kelingiking ibu dan masukan pada sudut mulut sang bayi atau tekan sedikit dagunya agar mau melepaskan isapanya dengan perlahan
10. Jangan lupa oleskan kembali ASI pada area puting dan biarkan kering.
11. Terakhir, gendong bayi di punggung ibu sambil ditepuk punggung sang bayi perlahan atau biarkan bayi tengkurap di pangkuan ibu dengan tujuan agar bayi bersendawa.

Pada awalnya mungkin akan terasa susah, tapi semoga cara memberikan asi yang tepat ini bisa lebih memudahkan Ibu dalam memberikan ASI yang labih baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang baik pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar